Selasa, 29 November 2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah        : ...............................
Mata Pelajaran       : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester        : 4 (empat)/ 2  (dua)
Alokasi waktu         : 4 x 35 menit  (2 X pertemuan)


I. Standar Kompetisi     :
      7. Membuat kaligrafi dengan menggunakan icon brush

II. Kompetisi Dasar         :
       7.1 Penggunaan icon brush untuk membuat kaligrafi

III. Tujuan Pembelajaran** :
      mapu membuat kaligrafi dengan menggunakan icon brush

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV  Materi Ajar (Materi Pokok)       :
      Penggunaan icon brush

V. Matode Pembelajaran     :
      Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi

VI. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan Awal              :
F Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
F Mengabsen siswa
§   Kegiatan Inti                :
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyalakan komputer
F Membuka software story board
F Mendengarkan penjelasan tentang fungsi dari icon brush
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F Mempraktekan ara mengganti brush dengan meilih brush shave pada menu tools
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir :
Dalam kegiatan Akhir, guru:
               -     memberikan tugas di rumah
               -     membereskan kursi
               -     berdo’a dan mengucapkan salam 

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Story board live jilid 2

VIII. Penilaian                      
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   mengaktifkan icon brush
:   dapat memilih macam-macam jenis brush
:   mahir membuat kaligrafi dengan menggunakan mouse
:   membuat kaligrafi dengan menggunakan keypad
Tes Lisan
Uraian
:   Jelaskanlah cara mengaktifkan icon brush
:   Jelaskanlah cara dapat memilih macam-macam jenis brush
:   Jelaskanlah cara mahir membuat kaligrafi dengan menggunakan mouse
:   Jelaskanlah cara membuat kaligrafi dengan menggunakan keypad

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.



          ..................................                                                    ..................................
NIP :                                                                             NIP :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah        : ...............................
Mata Pelajaran       : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester        : 4 (empat)/ 2 (dua)
Alokasi waktu         : 4 x 35 menit  (2 X pertemuan)


I. Standar Kompetisi     :
   8.  Mewarnai bidang gambar dengan efek spread

II. Kompetisi Dasar         :
    8.1 Mewarnai dengan efek spread melalui pengaturan RGB

III. Tujuan Pembelajaran** :
      Memadukan beberapa warna yang ada pada PM dengan efek dither maupun wave effek

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV  Materi Ajar (Materi Pokok)       :
      Menggunakan efek spread untuk mewarnai bidang gambar

V. Matode Pembelajaran     :
      Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi

VI. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan Awal              :
-    Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
                                            -    Mengabsen siswa
§  Kegiatan Inti                 :
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyalakan komputer
F Membuka software story board
F Membuat gambar dengan menggunakan icon circle, rekteangle dll
F Mengaktifkan spread melalui menu tools
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F Mempraktekan cara mewarnai bidang gambar dengan memilih warna spread
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir :
Dalam kegiatan Akhir, guru:
               -     memberikan tugas di rumah
               -     membereskan kursi
               -     berdo’a dan mengucapkan salam 

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Warna Spread

VIII. Penilaian                      
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   mengaktifkan spread dengan  memilih menu modes
:   menggunakan cara  mengaktifkan warna spread
:   menentukan arah warna spread Spread direction)
:   menggunakan efek spread (wafe effek dan dither)
Tes Lisan
Uraian
:   Jelaskanlah cara mengaktifkan spread dengan  memilih menu modes
:   Jelaskanlah cara menggunakan mengaktifkan warna spread
:   Tentukan arah warna spread Spread direction)
:   Jelaskanlah cara menggunakan efek spread (wafe effek dan dither)

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.







 

 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.



          ..................................                                                    ..................................
NIP :                                                                             NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah        : ...............................
Mata Pelajaran       : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester        : 4 (empat)/ 2 (dua)
Alokasi waktu         : 6 x 35 menit  (3 X pertemuan)


I. Standar Kompetisi     :
9.  Mengirim surat atau berita lewat media elektronik dengan menggunakan e-mail

II. Kompetisi Dasar         :
   9.1 Mengirim berita le-wat media elektronik

III. Tujuan Pembelajaran** :
      Mampu mengirim berita atau surat dengan menggunakan media elektronik

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV  Materi Ajar (Materi Pokok)       :
      Mengecek dan mengirim berita/surat yang masuk di e-mail sendiri

V. Matode Pembelajaran     :
      Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi

VI. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan ke 1-3
§  Kegiatan Awal               :
-   mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
                                            -    mengabsen siswa
§  Kegiatan Inti                  :
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyalakan kompoter
F Menjelaskan cara mulai internet ekplorer
F Mengaktifkan internet ekplorer
F Membuka website yahoo
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F Mempraktekan cara mengirim berita dan membuka e-mail yang masuk
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir :
Dalam kegiatan Akhir, guru:
-     memberikan tugas mencari Website ynag berkaitan dengan  pendidikan
               -     membereskan kursi
               -     berdo’a dan mengucapkan salam 

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Elex media







VIII. Penilaian                      
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   Memahami cara membuka e-mail
:   memilih compose untuk mengirim e-mail
:   membuka e-mail yang masuk
:   mengerti cara mengakhiri/ menutup e-mail

Tes Lisan
Uraian
:   Jelaskanlah cara membuka e-mail
:   Jelaskanlah cara memilih compose untuk mengirim e-mail
:   Jelaskanlah cara membuka e-mail yang masuk
:   Jelaskanlah cara mengakhiri/ menutup e-mail

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1






 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.



          ..................................                                                    ..................................
NIP :                                                                             NIP :





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah        : ...............................
Mata Pelajaran       : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester        : 4 (empat)/ 2 (dua)
Alokasi waktu         : 2 x 35 menit  (1 X pertemuan)

I. Standar Kompetisi     :
   10. Menampilkan kembali gambar yang telah direkam  dengan menggunakan sub menu get picture

II. Kompetisi Dasar         :
    10.1 Penggunaan sub  menu Get Picture

III. Tujuan Pembelajaran** :
Mampu cara membuka file gambar yang telah direkam untuk diperbaiki/dilengkapi gambarnya

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV  Materi Ajar (Materi Pokok)       :
      Memperbaiki gambar yang sudah disimpan dengan menggunakan get picture

V. Matode Pembelajaran     :
      Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi

VI. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan ke 1
§  Kegiatan Awal              :
-    mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
                                            -    mengabsen siswa

§  Kegiatan Inti                 :
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menjelaskan cara membuka file yang telah direkam
F Memilih menu file Get picture
F Menyimpan lagi file yang sudah diperbaiki
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir :
Dalam kegiatan Akhir, guru:
               -     mematikan komputer
               -     memberikan tugas di rumah
               -     membereskan kursi
               -     berdo’a dan mengucapkan salam 

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Diktat Story Board Live jilid 2







VIII. Penilaian                      
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   memahami cara membuka file gambar ynag sudah direkam
:   memahami cara menggunakan icon microskof untuk memperbesar bidang gambar
:   mengerti cara memperbaiki gambar yang telah dibuat
:   memahami cara merekam lagi file yang telah dibuka
Tes Lisan
Uraian
:   Jelaskanlah cara membuka file gambar ynag sudah direkam
:   Jelaskanlah cara menggunakan icon microskof untuk memperbesar bidang gambar
:   Jelaskanlah cara memperbaiki gambar yang telah dibuat
:   Jelaskanlah cara merekam lagi file yang telah dibuka


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1







 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.







 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.



          ..................................                                                    ..................................
NIP :                                                                             NIP :
`


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah        : ...............................
Mata Pelajaran       : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester        : 4 (empat)/ 2 (dua)
Alokasi waktu         : 4 x 35 menit  (2 X pertemuan)


I. Standar Kompetisi     :
  1. Menggambar  alam yang ada di sekitar kita dengan digabung dengan library

II. Kompetisi Dasar         :
      1.1 Menuangkan imajinasi melalui menggambar

III. Tujuan Pembelajaran** :
      Memadukan gambar hasil sendiri dengan gambar yang disediakan oleh PM

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV  Materi Ajar (Materi Pokok)       :
      menggambar bebas

V. Matode Pembelajaran     :
      Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi

VI. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan Awal              :
-    Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
                                            -    Mengabsen siswa
§  Kegiatan Inti                 :
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menjelaskan cara membuat gambar bebas
F mengulangi cara membuka gambar dari library
F penggunaan seluruh icon
F mendemonstrasikan
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir :
Dalam kegiatan Akhir, guru:
               -     memberikan tugas di rumah
               -     membereskan kursi
               -     berdo’a dan mengucapkan salam 

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Diktat Story Board Live jilid 2








VIII. Penilaian                      
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   Dapat menggambar dengan kreasi sendiri
:   menggunakan seluruh icon yang ada di PM
:   memadukan warna biasa dengan warna
:   memahami cara memadukan gambar dengan library

Tes Lisan
Uraian
:   Buatkanlah Gambar dengan kreasi sendiri
:   Jelaskanlah cara menggunakan seluruh icon yang ada di PM
:   Jelaskanlah cara memadukan warna biasa dengan warna
:   Jelaskanlah cara memadukan gambar dengan library

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1









 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.







 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.



          ..................................                                                    ..................................
NIP :                                                                             NIP :
`





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah        : ...............................
Mata Pelajaran       : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester        : 4 (empat)/ 2 (dua)
Alokasi waktu         : 2 x 35 menit  (1 X pertemuan)


   I. Standar Kompetisi     :
12. menjalankan gambar yang telah di buat pada PM dengan software Story  Editor

   II. Kompetisi Dasar         :
    12.1Merangkai dan menjalankan gambar

III. Tujuan Pembelajaran** :
      Mampu menampilkan gambar yang telah dibuat dengan menggunakan software SE

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Ajar (Materi Pokok)       :
- Story Editor

V. Matode Pembelajaran     :
      Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi

VI. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan ke 1
§  Kegiatan Awal           :
-   Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
                                            -    Mengabsen siswa

§  Kegiatan Inti  :
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membuka proram SE
F Menjelaskan cara memasukan data yang telah disediakan oleh format/tabel SE
F Menjalankan gambar yang telah dimasukan ke program SE
F Cara merekam story editor
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir :
Dalam kegiatan Akhir, guru:
               -     memberikan tugas di rumah
               -     membereskan kursi
               -     berdo’a dan mengucapkan salam 

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Story Board Live jilid 2






VIII. Penilaian                      
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   membuka program story editorl
:   mengerti menu-menu yang ada pada SE
:   mengidentifikasi format yang disediakan oleh SE
:   mahir menjalankan gambar yang telah dibuat dengan program SE

Tes Lisan
Uraian
:   Jelaskanlah cara membuka program story editorl
:   Sebutkanlah menu-menu yang ada pada SE
:   Jelaskanlah format yang disediakan oleh SE
:   Jelaskanlah cara menjalankan gambar yang telah dibuat dengan program SE

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1









 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.







 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.



          ..................................                                                    ..................................
NIP :                                                                             NIP :
`



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah        : ...............................
Mata Pelajaran       : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester        : 4 (empat)/ 2 (dua)
Alokasi waktu         : 4 x 35 menit  (2 X pertemuan)


I. Standar Kompetisi     :
13.  Membuat animasi penggabungan antara teks dan gambar dengan Sofware Gif Animator

II. Kompetisi Dasar         :
    13.1 Animasi teks dan gambar dengan mengunakan sofware gif animator

III. Tujuan Pembelajaran** :
      Mampu membuat animasi penggabungan teks dan gambar

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV  Materi Ajar (Materi Pokok)       :
      Menggunakan software gif animator

V. Matode Pembelajaran     :
      Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi

VI. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan Awal           :
-    Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
                                            -    Mengabsen siswa

§  Kegiatan Inti  :
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat memulai menggunakan sofware animator
F menjelaskan fungsi dari menu-menu
F cara membuat teks
F cara mengambil gambar
F bagaimana menjalan kannya
F merekam yang sudah dibuat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir :
Dalam kegiatan Akhir, guru:
               -     memberikan tugas di rumah
               -     membereskan kursi
-           berdo’a dan mengucapkan salam 

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Gif animator Elek media





VIII. Penilaian                      
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   mengerti menggunakan software Gif animator
:   memahami membuat teks
:   memahami mengambil gambar
:   mengerti cara menjalankan dengan animasi-animasi
:   paham mengakhiri program gif animator
Tes Lisan
Uraian
:   Jelaskanlah cara menggunakan software Gif animator
:   Jelaskanlah cara membuat teks
:   Jelaskanlah cara mengambil gambar
:   Jelaskanlah cara menjalankan dengan animasi-animasi
:   Jelaskanlah cara mengakhiri program gif animator
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1










LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6..







 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.



          ..................................                                                    ..................................
NIP :                                                                             NIP :
`